3.1
Metodologi Penelitian
STRATEGI
PEMASARAN ALFAMART DALAM MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA
Pengarang:
Purubaya
Tahun
: 2012
Objek utama penelitian ini adalah di Alfamart Kemang
Pratama. Dalam
penulisan ilmiah ini, data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan
data sekunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh
secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara).
Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan karyawan dan pemiliknya, yang penulis lakukan dengan cara mengikuti dan mengamati proses pekerjaan yang dilakukan di dalam minimarket Alfamart. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku serta situs-situs resmi yang mendukung pembahasan dalam penelitian ini.
Untuk mendapatkan data atau informasi yang
dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini penulis memperoleh data dari:
- Studi Lapangan
Wawancara: diperlukan dalam rangka melengkapi data
dengan mengajukan pertanyaan kepada pemilik dan karyawan minimarket Alfamart
Kemang Pratama.
- Studi Pustaka
Penulis mengumpulkan data dari kumpulan catatan
penulis serta buku-buku yang berkaitan dengan pemasaran dan penelitian ini.
Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah
ini adalah dengan menggunakan media yang diterapkan langsung oleh minimarket
Alfamart
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN
PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMART
Pengarang
: Diska Putri Septadianti dan Rr. Lulus Prapti NSS
Tahun
: 2012
Variabel
penelitian dan Definisi Oprasional
·
Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini
variable-variabel yang akan dianalisis adalah pelayanan, harga, promosi sebagai
variabel bebas atau independent (x), sedangkan variabel terikat atau variabel dependent
adalah keputusan pembelian (y)
·
Definisi Operasional
Definisi
oprasional adalah unsur peneliti yang memberitahukan bagaimana mengukur semua
variabel, petunjuk pelaksanaan tentang cara mengukur satu variabel yang sama.
Adapun definisi operasional masing-masing dari variabel adalah sebagai berikut:
- Pelayanan (X1)
Pelayanan
adalah suatu hal yang diberikan untuk memuaskan
mitra
usaha atau konsumen atas barang atau jasa yang di tawarkan.
Variabel
pelayanan diukur atas dasar tanggapan konsumen
- Harga(X2)
Harga
adalah nilai suatu barang dan jasa yang diukur dengan
sejumlah
uang. Berdasarkan nilai tersebut seseorang atau perusahaan
- Promosi (X3)
Promosi
adalah usaha perusahaan yang dipakai untuk
mempengaruhi
konsumen agar bersedia untuk membeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar