Rabu, 05 Desember 2012

BAB 3



3.1 Metodologi Penelitian

STRATEGI PEMASARAN ALFAMART DALAM MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA
Pengarang: Purubaya
Tahun : 2012

Objek utama penelitian ini adalah di Alfamart Kemang Pratama. Dalam penulisan ilmiah ini, data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara).

Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan karyawan dan pemiliknya, yang penulis lakukan dengan cara mengikuti dan mengamati proses pekerjaan yang dilakukan di dalam minimarket Alfamart. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku serta situs-situs resmi yang mendukung pembahasan dalam penelitian ini.
Untuk mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini penulis memperoleh data dari:

  • Studi Lapangan
Wawancara: diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada pemilik dan karyawan minimarket Alfamart Kemang Pratama.

  • Studi Pustaka
Penulis mengumpulkan data dari kumpulan catatan penulis serta buku-buku yang berkaitan dengan pemasaran dan penelitian ini.
Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah dengan menggunakan media yang diterapkan langsung oleh minimarket Alfamart

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN
PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMART

Pengarang : Diska Putri Septadianti dan Rr. Lulus Prapti NSS
Tahun : 2012
Variabel penelitian dan Definisi Oprasional
·         Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini variable-variabel yang akan dianalisis adalah pelayanan, harga, promosi sebagai variabel bebas atau independent (x), sedangkan variabel terikat atau variabel dependent adalah keputusan pembelian (y)
·         Definisi Operasional
Definisi oprasional adalah unsur peneliti yang memberitahukan bagaimana mengukur semua variabel, petunjuk pelaksanaan tentang cara mengukur satu variabel yang sama. Adapun definisi operasional masing-masing dari variabel adalah sebagai  berikut:

  • Pelayanan (X1)
Pelayanan adalah suatu hal yang diberikan untuk memuaskan
mitra usaha atau konsumen atas barang atau jasa yang di tawarkan.
Variabel pelayanan diukur atas dasar tanggapan konsumen

  • Harga(X2)
Harga adalah nilai suatu barang dan jasa yang diukur dengan
sejumlah uang. Berdasarkan nilai tersebut seseorang atau perusahaan

  • Promosi (X3)
Promosi adalah usaha perusahaan yang dipakai untuk
mempengaruhi konsumen agar bersedia untuk membeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog