ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN
PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMART
Pengarang
: Diska Putri Septadianti dan Rr. Lulus Prapti NSS
Tahun
: 2011
Latar Belakang:
Seiring dengan
perkembangan dunia usaha di Indonesia, keberadaan pasar tradisional mulai
tersaingi atau bahkan tergeser oleh adanya bisnis eceran modern. Bisnis eceran
atau biasanya disebut pedagang eceran, semakin terasa keberadaanya dalam
kehidupan masyarakat sehari- hari. Berbagai macam pusat perbelanjaan eceran bermunculan
dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Beberapa contoh bentuk pusat
pembelanjaan eceran misalnya Minimarket, supermarket, dan hypermarket. Dalam
menghadapi tuntutan masyarakat tersebut, dewasa ini banyak ditemui mini market
di kota- kota besar. Mini market dalam hal ini merupakan salah satu alternatif
tempat berbelanja bagi konsumen yang memiliki ciri khusus yakni barangbarang
yang disusun dalam rak- rak terbuka yang menuntun konsumen berperilaku
Tujuan:
Bagaimana
pelayanan mempengaruhi keinginan konsumen untuk berbelanja di afamart
Kesimpulan:
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat
dibuat kesimpulan
sebagai berikut
:
·
Pelayanan
mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian,apabila pelayanan
semakin ditingkatkan, maka keputusan pembelian semakin meningkat. Kondisi ini
terjadi karena pelayanan adalah perilaku penjual kepada pembeli, konsumen
merasa dihargai dan mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan keinginan,
sehingga konsumen akan memutuskan pembelian.
·
Harga
mempunyai pengaruh positif terhadap
keputusan pembelian, apabila harga semakin sesuai, maka keputusan pembelian
semakin meningkat. Kondisi ini terjadi karena harga merupakan pengorbanan yang
harus dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa. Konsumen
menginginkan pengorbanan yang dikeluarkan sesuai dengan apa yang diterimanya.
·
Promosi
mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, apabila promosi semakin ditingkatkan, maka keputusan
pembelian semakin meningkat. Kondisi ini terjadi karena promosi merupakan arus
informasi atau persuasi yang bertujuan untuk memberitahukan dan mendorong
masyarakat untuk membeli produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar