STRATEGI
PEMASARAN ALFAMART DALAM MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA
Pengarang:
Purubaya
Tahun
: 2012
Latar
Belakang:
Di masa yang sangat erat dalam dunia
pemasaran dibutuhkan suatu cara yang dapat memperoleh mutu dalam meraih pangsa
pasar. Semakin menjamurnya bisnis waralaba di Indonesia dewasa sekarang ini,
menunjukan semakin banyak masyarakat memilih untuk berbelanja di tempat yang
nyaman, bersih dan juga pelayanan yang baik. Salah satunya adalah Alfamart,
yaitu sebuah waralaba minimarket yang menyediakan produk kebutuhan sehari-hari
masyarakat.
Melihat dari besarnya kesempatan bisnis
dalam meraih pasar di bidang penjualan produk kebutuhan sehari-hari tersebut
dan juga adanya persaingan yang ketat dengan waralaba sejenis, maka diperlukan
strategi bersaing, khususnya di bidang pemasaran tepat. Mengingat tempat/lokasi
strategis yang mungkin menjadi salah satu yang dapat menentukan bisnis
tersebut, agar tujuan perusahaan untuk meningkatkan penjualan tercapai dengan
optimal.
Dengan dasar alasan tersebut, penulis
tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi pemasaran Alfamart dalam
penjualan dan promosi produk-produknya.
Rumusan
Masalah:
Berdasarkan dari semua maksud dan alasan
dari latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya diatas oleh penulis, hingga
di dapat sebuah perumusan masalah yang akan dibahas adalah :
·Strategi
pemasaran apakah yang diterapkan Alfamart untuk menarik konsumen ?
·Faktor
dan ancaman apa saja yang dihadapi Alfamart dalam melakukukan promosi penjualan dan pemasarannya ?
Tujuan
Peneliian:
Adapun tujuan dari penelitian dari
penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan proses bagaimana
strategi pemasaran yang dilakukan Alfamart untuk menarik konsumen, untuk
menganalisa bagaimana ancaman dan faktor utama yang dihadapi Alfamart dalam
persaingan promosi penjualan produknya dan langkah apa yang diambil Alfamart
untuk memasarkan produknya lebih optimal lagi.
.
Kesimpulan
:
Analisis Strategi Pemasaran merupakan
salah satu alatyang digunakan untuk menganalisa dan mengetahui
bagaimana suatu perusahaan untuk melakukan upaya-upaya dalam memasarkan
produk-produknya. Dalam pembahasan ini setiap strategi yang dilaksanakan
Alfamart dapat dikatakan cukup berhasil. Keberhasilan tersebut dapat terlihat
pada banyaknya produk yang telah terjual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar