Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen Pada
Ritel Minimarket Alfamart dan Indomaret
Pengarang
: Hendrikus Arianda , Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.
Tahun
: 2008
Latar
Belakang:
Pertumbuhan
ekonomi di Indonesia mengalami perkembangan dan kemajuan yang cukup pesat.
Sektor ritel dan pusat perbelanjaan menunjukkan perkembangan yang signifikan
serta memberikan kontribusi positif dalam pemulihan ekonomi Indonesia.
Perkembangan perekonomian memegang peranan yang penting dalam mewujudkan
masyarakat yang adil dan makmur. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang maju
khususnya di kota-kota besar, telah terjadi perubahan di berbagai sektor
termasuk di bidang industri dan produksi serta pada kegiatan ritel di Indonesia
menjadi usaha ekonomi berskala besar. Di sisi lain juga terjadi pergeseran gaya
hidup dari tradisional menjadi modern, sehingga menciptakan perubahan pola
belanja konsumen terutama di kota Jakarta.
Tujuan: :
Penulis ingin
mengidentifikasi variabel pembentuk kepuasan konsumen dan juga ingin mengetahui
variabel yang paling dominan dalam membentuk kepuasan konsumen pada ritel
minimarket Alfamart dan Indomaret.
Kesimpulan:
Bentuk usaha ritel yang mengalami
perkembangan cukup pesat adalah minimarket. Dewasa ini bermunculan minimarket
dengan berbagai fasilitas yang semakin lengkap. Pada dasarnya keberhasilan
usaha ritel terletak pada penyediaan produk sehari-hari, baik secara kualitas
maupun kuantitas serta harga yang terjangkau terutama bagi masyarakat
berpenghasilan sedang.
Dengan melihat banyaknya keinginan
konsumen yang beraneka ragam, memberi peluang besar bagi para pelaku bisnis
untuk mendirikan ritel minimarket di Wilayah Pesanggrahan Jakarta Selatan. Hal
ini disebabkan karena letak daerah yang strategis dan dikelilingi oleh komplek
perumahan. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui kepuasan konsumen dengan
mempertimbangkan variabel-variabel pembentuk kepuasan konsumen dalam berbelanja
di ritel minimarket Alfamart dan Indomaret
Tidak ada komentar:
Posting Komentar