Selasa, 23 Oktober 2012

analisis jurnal 2

Nama : Rizki Tamala
Npm   :192 10 163
Kelas : 3ea17

Peneliti: Eneng Erliani, Eli Rohmatullaeli, dan Nanang
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penelitian dan penulisan PTK
  1. Penulisan Judul
Artikel ini berjudul “Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Model Matematika Dari Soal Cerita”.  Dengan melihat/membaca judul artikel saja, kita sudah bisa memastikan bahwa penelitian tersebut menggunakan PTK karena menggunakan kata kunci “meningkatkan”. Sebagaimana diketahui bahwa PTK merupakan jenis penelitian yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (prestasi siswa) dan keprofesionalan guru dalam mengajar.
  1. PTK merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keprofesionalan guru maupun dosen. Dalam pelaksanaannya dosen dan guru perlu melakukan segala langkah penelitian ini secara bersama-sama (kolaboratif) dari awal hingga akhir selain itu dapat pula dilakukan sendiri – sendiri baik oleh dosen maupun guru. Data penelitian tindakan kelas pada dasarnya dikumpulkan oleh guru yang berperan sebagai peneliti dan pengajar, dan jika perlu dapat dibantu oleh teman sejawat.
Analisis:
Secara umum, penelitian ini telah sesuai dengan filosofis PTK dimana penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dalam hal ini kemampuan siswa  membuat model matematika. Penelitian inipun dilakukan oleh guru sendiri (pengajar sekaligus peneliti) yaitu ibu Eneng Erliani dan dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat, ibu Eli  Rohmatullaeli  serta  Nanang  yang merupakan seorang dosen di perguruan tinggi. Dengan demikian, PTK ini menunjang peningkatan professional guru/dosen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog