Metode Riset Analisis
Nama : Rizki Tamala
NPM
: 192 10 163
Kelas
: 3EA17
Analisis Jurnal
- Tema
“ANALISIS
KINERJA UNTUK BERBISNIS WARALABA (ALFAMART DAN INDOMART) ”
- Penyusun
Rizki
Tamala
Oktober 12
- Tahun Pembuatan
Oktober 12
- Referensi
- http://www.lawskripsi.com
Latar belakang
Bisnis waralaba merupakan kegiatan
usaha penjualan barang secara retail kepada masyarakat luas, begitu populernya
kegiatan usaha ini, sehingga cepat sekali berkembang dan meliputi berbagai
jenis bidang usaha. Di Indonesia sendiri, bisnis penjualan secara retail
semacam waralaba mulai dikembangkan, banyak sekali bermunculan
pebisnis-pebisnis lokal yang melirik penjualan barang atau jasanya secara
waralaba, misalnya :
- · Alfamart
- · Indomart
Melalui tulisan ini, saya akan membahas bisnis
waralaba dari alfamart dan indomart. Begitu pesatnya hingga bisa dikatakan
begitu dekatnya bisnis waralaba ini disektar kita. Di Indonesia, sistem bisnis
penjualan secara waralaba sangat diminati oleh pebisnis waralaba asing dimana
mereka memberikan izin kepada pengusaha lokal untuk mengelola waralaba asing
tersebut dan tentunya akan berakibat menimbulkan saingan yang berat bagi
pengusaha kecil lokal yang bergerak di bidang usaha sejenis.
Begitu
menarik dan menguntungkannya bisnis waralaba ini, maka pemerintah
berkepentingan pula untuk mengembangkan bisnis di Indonesia guna terciptanya
iklim kemitraan usaha melalui pemanfaatan lisensi sistem bisnis waralaba.
Dengan bantuan Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI, kemudian
didirikan Asosiasi Franchise Indonesia pada tanggal 22 Nopember 1991
Melalui
sistem bisnis waralaba ini, kegiatan usaha para pengusaha kecil di Indonesia
dapat berkembang secara wajar dengan teknologi, kemasan, manajemen pelayanan,
merek dagang/ jasa pihak lain dengan membayar sejumlah royalti berdasarkan
lisensi waralaba.
Di samping
itu pengembangan sumber daya manusia berkualitas menjadi penting melalui
pelatihan keterampilan menjalankan usaha waralaba yang diselenggarakan oleh
pihak pemberi lisensi waralaba. Para pengusaha kecil tidak perlu bersusah payah
menciptakan sendiri sistem bisnis, sudah cukup dengan menyediakan modal
kemitraan usaha, membayar royalti, dengan memanfaatkan sistem bisnis waralaba
asing melalui lisensi bisnis.
Rumusan Masalah
- · Menimbang, memilih dan menyimpulkan bisnis mana yang akan diambil dalam waralaba
- · Mengatasi masalah dalam perizinan untuk berbisnis waralaba
Tujuan Penelitian
- · Menjadi pertimbangan dalam memilih kebutuhan dari bisnis waralaba yang akan digunakan
Kajian Teori (Pembahasan)
Berdasarkan penyediaan pelayanan
tersebut oleh pemilik waralaba, maka pembeli waralaba mempertimbangkan
kemungkinan memperoleh keuntungan bila membeli/ meneriman izin perolehan
waralaba. Dengan kata lain, pemberi waralaba melisensikan waralaba disertai
penyediaan utama yang dapat menguntungkan penerima waralaba. Dengan semakin
menjamurnya bisnis waralaba, pPemerintah memandang perlu untuk mengetahui legalitas dan bonafiditas
usaha Pemberi Waralaba baik dari luar negeri dan dalam negeri guna menciptakan
transparansi informasi usaha yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh usaha
nasional dalam memasarkan barang dan/atau jasa dengan Waralaba. Disamping itu,
Pemerintah dapat memantau dan menyusun data Waralaba baik jumlah maupun jenis
usaha yang diwaralabakan. Untuk itu, Pemberi Waralaba sebelum membuat
perjanjian Waralaba dengan Penerima Waralaba, harus menyampaikan prospektus
penawaran Waralaba kepada Pemerintah dan calon Penerima Waralaba. Disisi lain,
apabila terjadi kesepakatan perjanjian Waralaba, Penerima Waralaba harus
menyampaikan perjanjian Waralaba tersebut kepada Pemerintah. Berdasarkan alasan
tersebut pemerintah kemudian menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun
2007 tentang Waralaba.
Menurut
Douglas J Queen, konsep bisnis waralaba yang sudah teruji kemungkinan besar
mengimbangi biaya awal dan royalti selanjutnya dari waralaba tersebut. Dengan
biaya itu pemilik waralaba biasanya menyediakan pelayanan utama berikut ini :
- · Pemilihan dan pengkajian lokasi
- · Pelatihan manajemen dan staf
- · Dukungan promosi dan iklan
- · Manfaat pembelian dan volume
- · Merek dagang yang terkenal
Kesimpulan
Di dalam buku yang diterbitkan AgroMedia
Pustaka ini dibahas mengenai waralaba secara umum, bentuk, pelaku, dan potensi
waralaba, persiapan waralaba, seperti modal, persiapan lahan, pengajuan
permohonan, dan pembayaran,pendistribusian, sampai kepada sistem pemasaran,
baik melalui tender, promosi, maupun internet.
Selain itu,
diberikan pula analisis usaha agar Anda bisa membuat asumsi analisa biaya,
pendapatan, dan keuntungan. Sebagai bukti, kami juga mencantumkan kisah-kisah
sukses pewaralaba yang bisa Anda ambil contoh sebagai pembelajaran bisnis
menuju kesuksesan.
Kesuksesan
Anda adalah cerminan dari sejauh mana Anda membaca peluang dan metode yang
diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar