5.1 Kesimpulan
dan saran
Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan dapat diambil
beberapa kesimpulan diantaranya adalah sebagai berikut:
1.
Adanya
perbedaan kepuasan konsumen Indomaret dengan kepuasan konsumen Alfamart pada
dimensi keresponsifan, assurance, empathy,
tangible sedang pada dimensi kehandalan tidak di temukan perbedaan yang
signifikan karena kedua minimarket ini memiliki faslitas yang hampir sama
setelah diadakan penelitian.
2.
Faktor-faktor
yang membedakan kepuasan konsumen minimarket Indomaret dengan Alfamart adalah
sebagai berikut :
1.
Fasilitas
yang dimiliki didalam memberikan pelayanan,
2.
Penentuan
lokasi,
3.
Pelayanan
yang diberikan,
Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka saran yang
diajukan penulis adalah sebagai berikut:
- Persediaan barang pada minimarket Indomaret agar dapat disajikan dengan lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen dapat dipenuhi.
- Mayoritas konsumen Indonesia sensitive terhadap harga, karena itu Alfamart agar menekan harga dengan cara memutus saluran distributor yang panjang yang akan meminimalkan biaya dan pada akhirnya harga menjadi sama dengan pesaing. Selebaran yang full color dengan informasi produk dan harga tidak akan banyak mempengaruhi pembeli karena mereka juga akan mendapat selebaran yang sama menarik dari peritel lainya.
- Pelayanan pada minimarket Indomaret sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing.
- Bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain dan organisasi perdagangan atau minimarket lain sebagai pembanding agar didapat hasil yang lebih sempurna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar