Sumber Daya Konsumen
Perilaku
konsumen adalah aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan
membuang barang atau jasa (Blackwell, Miniard, & Engel, 2001).
Sedangkan The American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen
sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan
dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku
konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang
dilakukan saat proses konsumsi (Peter & Olson, 2005).Perilaku
konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari
individu. Perilaku konsumen berhubungan dengan alasan dan tekanan yang
mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuangan barang dan jasa
yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna
& Wozniak)
Sumber Daya Ekonomi
Potensi
sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya
dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki
baik yang tergolong pada sumberdaya alam maupun potensi sumberdaya manusia yang
dapat memberikan manfaat serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan
wilayahtingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa
dialihkan pada sumberdaya alam lain
Sumber daya ekonomi
dibagi menjadi 4 macam:
1.
Sumber Daya Alam (SDA)
2.
Sumber Daya Manusia (SDM)
3.
Sumber Daya Kewirausahaan
4.
Sumber Daya Modal
1.
Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh
alam.
Cara Pemanfaatannya
:
Melestarikannya dan mengelola dengan sebaik dan sebenar mungkin.
Contoh :
angin,air,tumbuhan Dsb.
2.
Sumber Daya Manusia adalah segala kegiatan manusia baik
fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi.
Cara
Pemanfaatannya :
Adanya pembagian tugas dan kesehariannya.
Contoh :
Dokter,nelayan,petani,direktur
3.
Sumber Daya Kewirausahaan adalah Semangat, sikap, dan
perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa
menghasilkan keutungan.
·
Orang yang memiliki mental kewiraushaan disebut wirausaha.
·
Seseorang wirausaha pasti memiliki : Keberaniaan, kreativitas,
selalu berpikiran jauh ke depan, dan bisa melihat peluang usaha yang
menguntungkan.
Ciri - Ciri Seorang
Wirausaha :
·
Memiliki metal kuat,
·
Mampu melihat peluang bisnis,
·
Pandai memimpin perusahaan (Memiliki kecakapan pemimpin),
·
Memiliki keterampilan (kreatif dan inovatif),
·
Mempunyai pandangan kedepan (Selali inin maju),
·
Percaya Diri, optimis, dan mandiri,
·
Pekerja keras.
·
4. Sumber Daya
Modal adalah Sumber Daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun
barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi. Modal Tetap adalah Modal yang tahan lama dan dapat dipakai
berkali - kali untuk kegiatan produksi.Modal
Lancar adalah Modal yang hanya dapat dipakai untuk proses produksi
selama satu kali.
Contoh :
Bahan baku, loyang,
mixer, tanah untuk pertanian, dll.
Cara Pemanfaatan :
Menggunakan efisien
(sesuai kebutuhan),
Sumber Daya Sementara
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku
konsumen karena kemiskinan waktu yang semakin banyak dialami orang Amerika. Jam
yang dihabiskan di tempat kerja setiap minggu (termasuk waktu pulang pergi,
pekerjaan rumah tangga, dan pekerjaan sekolah) meningkat dari 40,6 jam pada
tahun 1973 menjadi 47,3 pada tahun 1984. Pada waktu yang sama, rata-rata jumlah
jam yang tersedia untuk waktu senggang tuun dari 26,2 jam menjadi 18,1 jam
perminggu. Salah satu variabel yang paling individual dari perilaku
manusia berhubungan dengan bagaimana orang menggunakan anggaran waktu mereka.
Kebanyakan dihabiskan untuk bekerja, tidur, dan kegiatan wajib lain. Namun,
suatu bagian dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yang disebut waktu
senggang (leisure), yang mencerminkan baik keperibadian maupun preferensi gaya
hidup.
A.
Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang
memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya.
Contoh:
I.
Menonton TV,
II.
Memancing,
III.
Golf,
IV.
(waktu Senggang) Tidur,
V.
Perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
B.
Barang Penghemat Waktu
Produk yang
menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
Contoh:
I.
oven microwave,
II.
pemotong rumput,
III.
fast food.
Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya
schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam
tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam
merepresentasikan informasi secara mental.
Teori ini
digolongkan ke dalam konstruktivisme :
·
Sumber Daya Konsumen Perhatian
·
Sumber Daya Kognitif – Perhatian
Sumberdaya Kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk
menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi Alokasi Kapasitas Kognitif
dikenal sebagai perhatian (attention).
Perhatian terdiri
dari dua dimensi :
·
Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
·
Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan
tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa
yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama
pengolahan informasi.
Contoh :Psikologi
kognitif menyatakan bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang
berada dari luar dirinya, melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri.
Keren Sob
BalasHapuswww.kiostiket.com