Jumat, 09 November 2012

Hujan


Romantisme Musim Hujan
Romantisme musim hujan adalah ketika ulat sukses dengan metamorfosisnya
Cantik,
Berlarian disekitar bunga

Romantisme musim hujan adalah dua sejoli berteduh dibawah jembatan
Memberi rasa aman,
Menghalau guyuran hujan

Romantisme musim hujan adalah ketika berharap kau pandangi tiap tetesnya
Ada rindu yang kutitipkan
Pada hujan dan bau tanah basah


Pasti pernah melihat langit begitu hitam, mendung sudah menggantung, dan angin berhembus dengan dingin. Tapi ternyata hujan tak jadi datang. Tibatiba langit menjadi cerah dan mendung hilang entah kemana. Hujan hanya memberikan kita harapan bahwa tanah akan basah dan sejuk akan segera datang. Tapi ternyata dia ingkar.
Pasti pernah menggantungkan harapan kepada langit, tapi langit dengan tega melepas genggaman kita dan membiarkan kita jauh terhepas ke tanah. Sakit? Mungkin iya.
Tapi satu yang pasti teruslah berharap bahwa hujan akan datang. Dan  dia akan memberikan kesejukan-kesejukan yang kita lama idamkan, membayar semua kenangan kita tentang bau tanah basah dengan kenyataan.
Dan ketika hujan benar-benar hujan, nikmatilah anugerah Allah itu, bersyukurlah. Rasakan kesejukan, nikmati betul tiap tetesnya. Dan percayalah bahwa semua harapan pasti akan menjadi nyata... Di tetesan hujan, Allah menunjukan karunia-Nya.  Tak ada harapan yang sia-sia.

Segmentasi Pasar


Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi- bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Pasar terdiri atas pembeli dan pembeli berbeda dalam banyak hal. Pasar dapat dibedakan atau disegmentasikan dalam berbagai cara. Pasar bisa diartikan sebagai orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
Segmentasi pasar juga merupakan sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha.
1) Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita
2)    Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
3)    Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
4)    Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda

Cara Mengenali Variabel Segmentasi Pasar
o   Static attribute segmentation
Cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
o   Dinamic attribute segmentation.
Cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi lifestyle, keperibadian.

Variable Segmentasi pasar
o   Demografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis sepert: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.
o   Psikografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain-lain. Informasi demografis sangat berguna, tetapi tidak selalu menyediakan informasi yang cukup untuk membagi konsumen ke dalam segmen-segmen, sehingga diperlukan segmen berdasarkan psychografis untuk lebih memahami karakteristik konsumen.
o   Perilaku
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana tingkah laku, perasaan, dan cara konsumen menggunakan barang/situasi pemakaian, dan loyalitas merek. Cara untuk membuat segmen ini yaitu dengan membagi pasar ke dalam pengguna dan non-pengguna produk.
o   Sosiocultural
Variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) merupakan variabel sosiokultural, meyediakan dasar lebih lanjut untuk segmentasi pasar. Untuk segmen pasar yang sukses dibagi lagi dalam segmen sesuai dengan tahap pada :
1)      Daur hidup keluarga
2)      Kelas sosial
3)      Budaya dan sub budaya dan
4)      Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global

o   Segmen hubungan menggunakan cara ekstrim
Sebuah cara ekstrim yang popular dan bentuk efektif segmentasi untuk kategori penggunaan merek, seperti :
Tingkat penggunaan : perbedaan segmentasi antara pengguna berat, pengguna sedang, pengguna ringan dan bukan pengguna untuk sebuah produk, jasa atau merek khusus
Tingkat kesadaran : kesadaran konsumen pada produk, tingkat ketertarikan pada produk, kesiapan membeli produk atau apakah konsumen butuh informasi tentang produk menyangkut semua aspek kesadaran
Loyalitas merek : kadang-kadang digunakan sebagai dasar untuk segmentasi. Pemasar kadang mencoba untuk mengidentifikasikan karakteristik konsumen yang loyal merek tentu mereka bisa langsung menjadi pendukung promosi mereka ke orang dengan karakteristik yang sama dalam populasi yang lebih besar.
o   Segmen situasi penggunaan
Pemasar mengenal bahwa kesempatan atau situasi kadang-kadang menentukan apakah konsumen akan membeli atau mengkonsumsi. Untuk alasan ini mereka kadang-kadang focus pada situasi penggunaan sebagai sebuah variabel segmentasi. Segmentasi berdasarkan kesempatan dapat membantu perusahaan memperluas penggunaan produk.
o   Segmen benefit
Bentuk segmentasi yang kuat adalah dengan mengklasifikasikan pembeli sesuai dengan manfaat berbeda yang mereka cari dari produk. Eksekutif pemasaran dan periklanan secara konstan mencoba mengidentifikasikan sebuah keuntungan paling penting dari produk atau jasa yang akan menjadi sangat berarti bagi consumer. Sebuah studi yang meguji apakah yang mengendalikan preferensi konsumen terhadap micro atau craftbeer, terindenfikasi lima kenutungan strategic brand yaitu :
1)      Fungsional (contoh kualitas)
2)      Nilai uang
3)      Manfaat sosial
4)      Manfaat emosi positif
5)      Manfaat emosi negative

o   Segmen hybrid
Pemasar secara umum membentuk segmen pasar dengan kombinasi beberapa variabel segmen berdasarkan sebuah segmen tunggal. Segmen geodemografis, adalah sangat berguna bagi ketika sesesorang pengiklan atau pemasar menemukan prospek terbaik (kepribadian, tujuan dan ketertarikan) bisa diisolasi di mana mereka hidup. Segmen lintasbudaya & global marketing merupakan segmen geodemografis

Segmentasi dan profitabilitas
1)    Tingkatkan Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi.

2)      Core Business
Tidak membuang waktu. Memanfaatkan waktu dan fikiran untuk memfokuskan pada pekerjaan
3)      Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi
Semaking tinggi tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, akan mampu membawa organisasi ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.

4)      Pertajam Kecerdasan Organisasi
Pelatihan-pelatihan berkualitas bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan Anda.

5)      Kompensasi Yang Sesuai
Melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja akan berpengaruh pada kinerja pekerja

Penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran
o   Substantial :
Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
o   Accessible :
Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif
o   Substantial :
Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
o   Differentiable :
Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan
o   Substantial :
Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
o   Actionable :
Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.
o   Measurable :
Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur

Langkah dalam mengembangkan segmentasi
Mensegmen pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.
Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.

Sumber Daya Konsumen (SDA ekonomi,SDA sementara, SDA kognitif)


Sumber Daya Konsumen
Perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa (Blackwell, Miniard, & Engel, 2001). Sedangkan The American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan saat proses konsumsi (Peter & Olson, 2005).Perilaku konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari individu. Perilaku konsumen berhubungan dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuangan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna & Wozniak)
Sumber Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya alam maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan wilayahtingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain 
Sumber daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam:
1.      Sumber Daya Alam (SDA)
2.      Sumber Daya Manusia (SDM)
3.      Sumber Daya Kewirausahaan
4.      Sumber Daya Modal

1.      Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam.
Cara Pemanfaatannya : 
      Melestarikannya dan mengelola dengan sebaik dan sebenar mungkin.
Contoh :
     angin,air,tumbuhan Dsb.

2.      Sumber Daya Manusia adalah segala kegiatan manusia baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi.
Cara Pemanfaatannya :
     Adanya pembagian tugas dan kesehariannya.
Contoh :
     Dokter,nelayan,petani,direktur

3.      Sumber Daya Kewirausahaan adalah Semangat, sikap, dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan keutungan.
·         Orang yang memiliki mental kewiraushaan disebut wirausaha.
·         Seseorang wirausaha pasti memiliki : Keberaniaan, kreativitas, selalu berpikiran jauh ke depan, dan bisa melihat peluang usaha yang menguntungkan.

Ciri - Ciri Seorang Wirausaha :
·         Memiliki metal kuat,
·         Mampu melihat peluang bisnis,
·         Pandai memimpin perusahaan (Memiliki kecakapan pemimpin),
·         Memiliki keterampilan (kreatif dan inovatif),
·         Mempunyai pandangan kedepan (Selali inin maju),
·         Percaya Diri, optimis, dan mandiri,
·         Pekerja keras.
·          
4.      Sumber Daya Modal adalah Sumber Daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi. Modal Tetap adalah Modal yang tahan lama dan dapat dipakai berkali - kali untuk kegiatan produksi.Modal Lancar adalah Modal yang hanya  dapat dipakai untuk proses produksi selama satu kali.
Contoh :
Bahan baku, loyang, mixer, tanah untuk pertanian, dll.
Cara Pemanfaatan :
Menggunakan efisien (sesuai kebutuhan),

Sumber Daya Sementara
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen karena kemiskinan waktu yang semakin banyak dialami orang Amerika. Jam yang dihabiskan di tempat kerja setiap minggu (termasuk waktu pulang pergi, pekerjaan rumah tangga, dan pekerjaan sekolah) meningkat dari 40,6 jam pada tahun 1973 menjadi 47,3 pada tahun 1984. Pada waktu yang sama, rata-rata jumlah jam yang tersedia untuk waktu senggang tuun dari 26,2 jam menjadi 18,1 jam perminggu. Salah satu variabel yang paling individual dari perilaku manusia berhubungan dengan bagaimana orang menggunakan anggaran waktu mereka. Kebanyakan dihabiskan untuk bekerja, tidur, dan kegiatan wajib lain. Namun, suatu bagian dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yang disebut waktu senggang (leisure), yang mencerminkan baik keperibadian maupun preferensi gaya hidup.
A.     Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya.
Contoh:
        I.            Menonton TV,
     II.            Memancing,
   III.            Golf,
   IV.            (waktu Senggang) Tidur,
     V.            Perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)

B.      Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
Contoh:
        I.            oven microwave,
     II.            pemotong rumput,
   III.            fast food.


Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. 
Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme :
·         Sumber Daya Konsumen Perhatian
·         Sumber Daya Kognitif – Perhatian

Sumberdaya Kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi Alokasi Kapasitas Kognitif dikenal sebagai perhatian (attention). 
Perhatian terdiri dari dua dimensi :
·         Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
·         Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan informasi.

Contoh :Psikologi kognitif menyatakan bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada dari luar dirinya, melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri.



Selasa, 06 November 2012

Tanpa sadar masalah itu kita buat


My love,
There's only you in my life
The only thing that's bright

My first love,
You're every breath that I take
You're every step I make

And I
I want to share
All my love with you
No one else will do

And your eyes
Your eyes, your eyes
They tell me how much you care
Ooh yes, you will always be
My endless love
...
                         Lionel Richie feat Diana Ross  - Endless love


Ok kembali lagi membahas galau hehhehehe
Gimana? Apa kalian sudah merasakan kegalauan yang luar biasa dahsyatnya jika ikut mendengarkan lagu galau yang menurut anda pas bagi anda. Itulah efek yang terjadi jika kalian semua mengikuti apa yang terjadi. Posisitf aja tentang apa yang sedang terjadi dengan kalian, itu akan lebih baik hasilnya.
Andai kata kalian mempunyai masalah, tenang dan berfikir jernih untuk positif itu akan membangun anda lebih baik dalam menyikapi suatu masalah.

“aduhhh gue putus sama yayang gue!!!!, gimana nih??!! Semua ga adil buat gue”
“masalah  cewe gue yang ini aja belom kelar, udah ada masalah lagi, maunya apa sih nih dunia”
“duit abis tapi wanita gue minta jajan, sementara ini masih tengah bulan, akhhh ilaaaahhhh”
Dan masih banyak lagi..

Untaian kata yang sering kita dengar di lingkungan sekitar. Tenang bro masalah yang ada itu Cuma tantangan bagaimana kalian masuk level kehidupan yang lebih tinggi. Jika kalian sudah menyerah dengan keadaan yang sekarang ini, ahhhh keok aja deh lo. Gimana kalian mau maju, toh masalah ini aja kalian ga bisa selesaiin. Menurut gue sih, masalah yang ada itu akibat dari  perbuatan kita yang sebelumnya, coba deh pikirin salah satu masalah kalian kenapa itu bisa terjadi.
Coba kalian sedikit lebih mempertimbangkan hasil yang akan di dapatkan jika kalian akan mengambil keputusan yang berujung pada hasil yang di terima. Contoh:
  1. Berselingkuh saat pacaran, ya kalo ketauan sama yayang ya balakan putus
  2. Suka numpuk numpukin masalah, ya selesaikan dulu yang ada, jangan suka anggep remah masalah kecil (bisa jadi gede lhooooo hihihihi)
  3. Sering jajan ga kenal waktu, ya terang aja, barang yang kalian beli ga ada gunanya, jadi simpan baik baik uang itu.

 Intinya, masalah yang terjadi akan membuat anda galau di kemudian hari, kenapa? Karena kalian ga memikirkan apa yang akan terjadi di kemudian hari.

...lanjut lagi dengerin lagu galau ahhh
Kenangan memang mengasikkan, apa lagi kalo kenangan manis heheh. Tapi ada juga sih kenangan pahit, itu karena kita melakukan kesalah yang memang sengaja kita lakukan.

Two hearts,
Two hearts that beat as one
Our lives have just begun

Forever
(Oh)
I'll hold you close in my arms
I can't resist your charms

And love
Oh, love
I'll be a fool
For you,
I'm sure
You know I don't mind
Oh, you know I don't mind

'Cause you,
You mean the world to me
Oh
I know
I know
I've found in you
My endless love

Oh, and love
Oh, love
I'll be that fool
For you,
I'm sure
You know I don't mind
Oh you know-
I don't mind

And, yes
You'll be the only one
'Cause no one can deny
This love I have inside
And I'll give it all to you
My love
My love, my love
My endless love

Lionel Richie feat Diana Ross  - Endless love

Arsip Blog