Kamis, 25 Oktober 2012

Hal yang perlu diperhatikan dalam berwirausaha


                Mau dagang apaaaa? Ga tau. Caranya dagang gimana? Ga tau? . Sering terdengar dikala para kaula muda yang secara umum para mahasiswa yang ingin berusaha untuk mencari uang jajan tambahan, ataupun sekedar mengetes mental dikala banyak pengusaha pengusaha muda yang mencari jati dirinya dibidang wirausaha. Berikut ini mungkin bisa membantu dikala tak ada jawaban dan ada sedikit hambatan dalam berwira usaha
Ilmu menjual bermanfaat untuk :
1.       Mempelancar tugas penjual dalam melakukan kegiatan perdagangan
2.       Penjual dapat mengatasi segala macam tantangan atau hambatan yang kadang timbul di tengah kegiaan jual-beli
3.       Membantu penjual dalam mengatasi persaingan yang semakin ketat baik didalam negeri maupun diluar negeri
4.       Meningkatkan omzet penjualan
Dalam dunia penjualan, ada berbagai macam teori yang berkaitan dengan teknik-teknik menjual. Teori ini mengajarkan bagaiman cara mengawali dan mengakhiri proses penjualan dengan sukses. Diawali dengan cara menarik minat pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Satu diantaranya teori AIDS, yaitu:
1.       Attention (perhatian), penjual harus berusaha agar calon pembeli memerhatikan penawaran yang dilakukan calon pembeli.
2.       Interest (minat) penjual harus mengubah perhatian calon pembeli tersebut menjadi minat yang semakin kuat
3.       Desire (keinginan) menyakinkan pembeli dengan menjelaskan keuntungan yang akan didapat calon pembeli apabila calon pembeli membeli produk yang ditawarkan serta kerugian yang didapat jka tidak membeli produk tersebut
4.       Action(tindakan) menyakinkan kepada pembeli bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat
5.       Satisfaction (kepuasan) behwa kualitas produk yang ditawarkan harus sesuai dengan apa yang dijelaskan

Seseorang penjual dikatakan terampil dan profesional adalam menjual jika:
1.         Memiliki kemampuan menjual yang memuaskan pembeli
2.         Memiliki kebanggaan terhadap profesinya
3.         Mau belajar untuk menambah pengetahuan dalam menjual
4.         Memiliki standar ekstra yang tinggi dalam menjual
5.         Tidak menyalahi janji jika menjual
6.         Memahami bahwa pekerjaan menjual berarti melayani
7.         Menjaga keutuhan pribadi dan kemerdekaannya dalm menjual
Beberapa sifat yang harus dimiliki oleh para penjual yang baik antara lain:
1.         Mampu berkomunikasi
2.         Penuh inisiatif
3.         Berfikir kreatif
4.         Penuh perhatian
5.         Tidak mudah putus-asa
6.         Menarik, supel dan selalu gembira
7.         Sopan santun
8.         Ketajaman daya ingat
9.         Bijaksana
10.      Terampil dan cekatan

Liburan? wajib waspada.


            Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika merencanakan liburan atau perjalanan jauh dari rumah. Di antara yang paling penting adalah memastikan Anda menyewa sebuah kamar hotel yang aman. Pelajari bagaimana untuk memilih hotel yang menawarkan keamanan yang lebih besar untuk tamu mereka.
1.     Sebuah MASUK UMUM
Bagaimana Anda memasuki ruangan Anda adalah salah satu faktor yang paling penting dalam keselamatan hotel. Hotel dan motel dengan pintu masuk alakadarnya adalah pilihan yang buruk untuk keamanan pribadi. Sebaliknya, pilih sebuah hotel di mana kamar yang diakses dari interior sehingga tak seorang pun dapat masuk atau keluar ruangan tanpa terlebih dahulu melewati meja depan. Juga, kamar dengan tempat parkir yang berdekatan membuatnya mudah bagi pencuri untuk ambil properti Anda dan membuat liburan cepat. 
2.     KESELAMATAN KEBAKARAN.
Sebelum Anda menyewa kamar hotel secara online, luangkan waktu sejenak untuk memanggil hotel tempat Anda berencana untuk tinggal. Mintalah untuk memastikan bahwa detektor asap, alarm alat penyiram dan diuji secara teratur. Jika Anda benar-benar khawatir tentang keselamatan kebakaran, Anda juga dapat meminta sebuah ruangan di dekat pintu darurat. 
3.     PENJAGA KEAMANAN.
Anda harus meminta pihak hotel juga jika mereka menggunakan profesional keamanan terlatih. Jika demikian, apa pekerjaan tim keamanan mereka? Apakah mereka berjalan-jalan dengan alasan dan ruang? Apakah ada keamanan untuk memenuhi pengunjung hotel? 
4.     RESTORAN TERPISAH.
Banyak hotel restoran di tempat. Ini bisa menjadi kenyamanan yang besar, tetapi juga menimbulkan risiko bagi keselamatan Anda. Tanyakan staf hotel jika ada akses langsung antara layanan umum (restoran, pusat kebugaran, dll) dan kamar hotel. Ini tempat umum dapat berfungsi sebagai pintu untuk calon korban jika akses fisik hotel tidak terbatas pada tamu. 
5.     VIDEO PEMANTAUAN.
Bila Anda menyewa sebuah kamar hotel yang aman, Anda harus mengharapkan video surveillance adalah bagian dari kesepakatan. Sebuah hotel tanpa kamera pada dasarnya adalah gudang dari calon korban dan kejahatan tanpa saksi. Semua pintu, lorong, dan banyak parkir hotel yang terhormat dimonitor cara ini untuk memastikan keamanan. Anda harus juga. 
6.     PANGGILAN PENYARINGAN
Hal ini dapat menjadi sakit untuk mereka yang menelepon Anda, tetapi sebuah hotel yang layar panggilan Anda sebelum mereka akan diteruskan ke kamar Anda menawarkan keuntungan keamanan yang berbeda. Bila panggilan disaring, pemanggil diumumkan oleh staf hotel. Ini berarti bahwa seseorang tidak dapat menghubungi Anda mengklaim staf hotel dalam upaya untuk scam Anda, memikat Anda, atau mendapatkan akses ke kamar Anda. 
7.     Kunci MODERN.
Kartu kunci hotel membantu memastikan keamanan Anda dalam berbagai cara. Paling penting, mereka mengijinkan untuk akses cepat ke kamar Anda. Ini berarti bahwa Anda tidak akan keluar dalam mengutak-atik, lorong dengan kunci dan kunci, seperti bebek duduk. 
8.     INTERIOR LOCK.
Hal ini juga penting bahwa pintu kamar hotel ini dilengkapi dengan kunci itu, setelah diamankan dari dalam, tidak dapat dinegosiasikan dari luar. Biasanya, ini adalah gerendel atau rantai kunci, atau keduanya. 
9.     PEEP HOLE.
Sehingga Anda dapat melihat siapa yang di depan pintu Anda sebelum memberikan mereka akses. 
10.  TELEPON DAN KAMAR MANDI DI SETIAP KAMAR.
Jika Anda tidak memiliki akses ke telepon dan kamar mandi tanpa meninggalkan kamar Anda, itu bukan kamar hotel yang aman. Ponsel ini penting untuk keselamatan Anda dalam kasus gangguan, kecelakaan, atau api. Sebuah kamar mandi pribadi adalah sangat penting untuk tetap aman. Jangan pernah percaya kamar mandi komunal. Bahkan jika keselamatan pribadi Anda dapat dijamin (dan biasanya tidak bisa), properti Anda beresiko.


*dikutip dari “truly indonesia (pariwisata)

Selasa, 23 Oktober 2012

analisis jurnal 3


Nama : Rizki Tamala
Npm  :192 10 163
Kelas : 3ea 17

ANALISIS JURNAL PENELITIAN KEPERAWATAN
ANALISIS JURNAL PENELITIAN
PENGARUH LATIHAN LINGKUP GERAK SENDI (ROM) TERHADAP
KEMANDIRIAN PASIEN HEMIPARISE PASCA STROKE
NON HEMORAGIK DI RS DR. KARIADI SEMARANG

Oleh : Waginah
Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan
Universitas Diponogoro.
Latar Belakang :
Stroke merupakan problem penyakit saraf yang dapat menyebabkan kematian, stroke ulang dan kecacatan. Banyak parameter yang dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan kemajuan defisit neurology diantaranya dengan cara mengukur fungsi motorik dan disabilitas dengan skala Indeks Barthel dan latihan lingkup gerak sendi (ROM).

Tujuan :
Untuk mengetahui pengaruh latihan lingkup gerak sendi (ROM) terhadap kemandirian pasien dengan perbaikan aktifitas kehidupan sehari-hari pada pasien pasca stroke non hemoragi.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan quasi eksperimen dengan subyek penelitian adalah 33 pasien stroke hemoragi yang dirawat inap di bangsal syaraf dan unit stroke RS Dr. Kariadi Semarang selama bulan Desember 2009 sampai dengan Mei 2010. Pelatihan lingkup Gerak Sendi (ROM) dilakukan pada awal pasien masuk atau hari pertama dan dilakukan pemantauan perkembangan kemandirian dengan Indeks Barthel sampai dengan hari ke-empat rawat inap. Batas kemaknaan dalam penelitian ini adalah p<0.05.

Hasil Penelitian :
Subyek penelitian dengan latihan lingkup gerak sendi kurang aktif sebanyak 14 (42.4%), aktif 10 (30.3%), sangat aktif 9 (27.3%) , sedangkan untuk kemandirian ketidakmampuan menengah (skor 10-14) sebanyak 3 (9.1%), kemandirian ketidakmampuan ringan (skor 15-19) sebanyak 25 (75.8%), mandiri dalam ADL skor ≥ 20 sebanyak 5 (15.2%), batas kemaknaan dalam penelitian ini adalah berbeda bermakna (p = 0.001).

ANALISIS :
Latar belakang penelitian
Permasalahan terkait stroke yang dibahas kejadiannya masih relevan sampai saat ini karena stroke merupakan kesehatan utama, khususnya di Negara berkembang termasuk Indonesia, Peningkatan jumlah penderita stroke ini identik dengan perubahan gaya hidup yaitu pola makan kaya lemak atau kolesterol yang melanda di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Menurut SKRT 2005 penderita stroke di Indonesia mencapai Di Indonesia sebanyak 25,8 % orang lanjut usia terkena serangan stroke dan 10,9 % pada usia lebih muda sedangkan menurut SKTR tahun 2010 sebanyak 37,5 % orang lanjut usia terkena serangan stroke dan 20,5 % pada usia lebih muda, diperkirakan setiap tahun diperkirakan 500.000 penduduk Indonesia terkena serangan stroke dimana sekitar 25 meninggal dunia sisanya mengalami cacat ringan maupun cacat berat. Dari angka kejadian tersebut stroke merupakan penyebab kecacatan no.1 dan penyebab kematian no.3 setelah penyakit jantung koroner dan penyakit kanker.

Metode penelitian
1.      Prinsip berbuat baik (Beneficence) Beneficence berarti melakukan yang baik. Perawat memiliki kewajiban untuk melakukan dengan baik
2.      Prinsip tidak merugikan berarti tugas yang dilakukan perawat tidak mengandung unsur yang membahayakan, merugikan, rasa cemas, rasa takut. Prinsip nonmaleficence menekankan peneliti untuk tidak melakukan tindakan yang menimbulkan bahaya bagi responden.
3.      Prinsip veracity berarti penuh dengan kebenaran. Nilai ini diperlukan oleh pemberi pelayanan kesehatan untuk menyampaikan kebenaran pada setiap pasien dan untuk meyakinkan bahwa pasien sangat mengerti
4.      Prinsip keadilan adalah suatu kewajiban untuk bersikap adil dalam distribusi beban dan keuntungan ( Kozier, Berman, & Snyder, 2004 ). Prinsip keadilan menuntut peneliti untuk bersikap adil pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. \
Hasil penelitian
Hasil penelitian diatas menyimpulkan bahwa dengan ROM yang sangat aktif mempunyai peluang perbaikan ADL atau kemandirian lebih baik pada pasien stroke. Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa terapi latihan berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan fungsional penderita stroke khususnya jika dilakukan secara intensif dalam 6 bulan pertama, hal ini sesesuai dengan teori dari Bruno Petrina (2007) dalam buku yang berjudul “Motor Recovery instroke” teori ini diakses di http://emedicine medscape.com, Bruno Petrina mengatakan penderita stroke yang diberikan terapi latihan secara intensif dalam 6 bulan pertama akan menyebabkan perbaikan kemampuan motorik penderita stoke semakin baik apalagi bila dilakukan makin sering atau intensitas waktu latihan diberikan semakin banyak, hal menguatkan teori bahwa aktivasi jaringan saraf bersifat usedependent, semakin sering digunakan, semakin kuat dan semakin meningkatkan jumlah sinaps yang terbentuk. Disamping itu pemulihan fungsi neurologis setelah stroke terjadi dalam 3-6 bulan pertama melalui mekanisme natural dengan cara resolusi edema local, resopsi toksin-toksin local, pemulihan sirkulasi local dan pemulihan neuron yang mengalami iskemia.
Dari penelitian diatas maka memberikan lingkup gerak sendi (ROM) sangat perlu diberikan terutama dalam 6 bulan pertama untuk memaksimalkan perbaikan kemampuan motorik sehingga dengan kemmapuan motorik yang meningkat akan menyebabkan pasien mampu melakukan aktivitas untuk memenuhi kebuttuhan ADL secara mandiri.

analisis jurnal 2

Nama : Rizki Tamala
Npm   :192 10 163
Kelas : 3ea17

Peneliti: Eneng Erliani, Eli Rohmatullaeli, dan Nanang
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penelitian dan penulisan PTK
  1. Penulisan Judul
Artikel ini berjudul “Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Model Matematika Dari Soal Cerita”.  Dengan melihat/membaca judul artikel saja, kita sudah bisa memastikan bahwa penelitian tersebut menggunakan PTK karena menggunakan kata kunci “meningkatkan”. Sebagaimana diketahui bahwa PTK merupakan jenis penelitian yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (prestasi siswa) dan keprofesionalan guru dalam mengajar.
  1. PTK merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keprofesionalan guru maupun dosen. Dalam pelaksanaannya dosen dan guru perlu melakukan segala langkah penelitian ini secara bersama-sama (kolaboratif) dari awal hingga akhir selain itu dapat pula dilakukan sendiri – sendiri baik oleh dosen maupun guru. Data penelitian tindakan kelas pada dasarnya dikumpulkan oleh guru yang berperan sebagai peneliti dan pengajar, dan jika perlu dapat dibantu oleh teman sejawat.
Analisis:
Secara umum, penelitian ini telah sesuai dengan filosofis PTK dimana penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dalam hal ini kemampuan siswa  membuat model matematika. Penelitian inipun dilakukan oleh guru sendiri (pengajar sekaligus peneliti) yaitu ibu Eneng Erliani dan dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat, ibu Eli  Rohmatullaeli  serta  Nanang  yang merupakan seorang dosen di perguruan tinggi. Dengan demikian, PTK ini menunjang peningkatan professional guru/dosen.

Metode Riset Analisis


Metode Riset Analisis
Nama : Rizki Tamala
NPM  : 192 10 163
Kelas  : 3EA17

Analisis Jurnal

  •   Tema

“ANALISIS KINERJA UNTUK BERBISNIS WARALABA (ALFAMART DAN INDOMART) ”

  •          Penyusun

Rizki Tamala


  • Tahun Pembuatan  

Oktober 12

Latar belakang
Bisnis waralaba merupakan kegiatan usaha penjualan barang secara retail kepada masyarakat luas, begitu populernya kegiatan usaha ini, sehingga cepat sekali berkembang dan meliputi berbagai jenis bidang usaha. Di Indonesia sendiri, bisnis penjualan secara retail semacam waralaba mulai dikembangkan, banyak sekali bermunculan pebisnis-pebisnis lokal yang melirik penjualan barang atau jasanya secara waralaba, misalnya :
  • ·         Alfamart
  • ·         Indomart


Melalui tulisan ini, saya akan membahas bisnis waralaba dari alfamart dan indomart. Begitu pesatnya hingga bisa dikatakan begitu dekatnya bisnis waralaba ini disektar kita. Di Indonesia, sistem bisnis penjualan secara waralaba sangat diminati oleh pebisnis waralaba asing dimana mereka memberikan izin kepada pengusaha lokal untuk mengelola waralaba asing tersebut dan tentunya akan berakibat menimbulkan saingan yang berat bagi pengusaha kecil lokal yang bergerak di bidang usaha sejenis.
Begitu menarik dan menguntungkannya bisnis waralaba ini, maka pemerintah berkepentingan pula untuk mengembangkan bisnis di Indonesia guna terciptanya iklim kemitraan usaha melalui pemanfaatan lisensi sistem bisnis waralaba. Dengan bantuan Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI, kemudian didirikan Asosiasi Franchise Indonesia pada tanggal 22 Nopember 1991
Melalui sistem bisnis waralaba ini, kegiatan usaha para pengusaha kecil di Indonesia dapat berkembang secara wajar dengan teknologi, kemasan, manajemen pelayanan, merek dagang/ jasa pihak lain dengan membayar sejumlah royalti berdasarkan lisensi waralaba.
Di samping itu pengembangan sumber daya manusia berkualitas menjadi penting melalui pelatihan keterampilan menjalankan usaha waralaba yang diselenggarakan oleh pihak pemberi lisensi waralaba. Para pengusaha kecil tidak perlu bersusah payah menciptakan sendiri sistem bisnis, sudah cukup dengan menyediakan modal kemitraan usaha, membayar royalti, dengan memanfaatkan sistem bisnis waralaba asing melalui lisensi bisnis.

Rumusan Masalah
  • ·         Menimbang, memilih dan menyimpulkan bisnis mana yang akan diambil dalam waralaba
  • ·         Mengatasi masalah dalam perizinan untuk berbisnis waralaba


Tujuan Penelitian
  • ·         Menjadi pertimbangan dalam memilih kebutuhan dari bisnis waralaba yang akan digunakan


Kajian Teori (Pembahasan)
Berdasarkan penyediaan pelayanan tersebut oleh pemilik waralaba, maka pembeli waralaba mempertimbangkan kemungkinan memperoleh keuntungan bila membeli/ meneriman izin perolehan waralaba. Dengan kata lain, pemberi waralaba melisensikan waralaba disertai penyediaan utama yang dapat menguntungkan penerima waralaba. Dengan semakin menjamurnya bisnis waralaba, pPemerintah memandang perlu untuk mengetahui legalitas dan bonafiditas usaha Pemberi Waralaba baik dari luar negeri dan dalam negeri guna menciptakan transparansi informasi usaha yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh usaha nasional dalam memasarkan barang dan/atau jasa dengan Waralaba. Disamping itu, Pemerintah dapat memantau dan menyusun data Waralaba baik jumlah maupun jenis usaha yang diwaralabakan. Untuk itu, Pemberi Waralaba sebelum membuat perjanjian Waralaba dengan Penerima Waralaba, harus menyampaikan prospektus penawaran Waralaba kepada Pemerintah dan calon Penerima Waralaba. Disisi lain, apabila terjadi kesepakatan perjanjian Waralaba, Penerima Waralaba harus menyampaikan perjanjian Waralaba tersebut kepada Pemerintah. Berdasarkan alasan tersebut pemerintah kemudian menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba.
Menurut Douglas J Queen, konsep bisnis waralaba yang sudah teruji kemungkinan besar mengimbangi biaya awal dan royalti selanjutnya dari waralaba tersebut. Dengan biaya itu pemilik waralaba biasanya menyediakan pelayanan utama berikut ini :
  • ·         Pemilihan dan pengkajian lokasi
  • ·         Pelatihan manajemen dan staf
  • ·         Dukungan promosi dan iklan
  • ·         Manfaat pembelian dan volume
  • ·         Merek dagang yang terkenal


Kesimpulan
Di dalam buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini dibahas mengenai waralaba secara umum, bentuk, pelaku, dan potensi waralaba, persiapan waralaba, seperti modal, persiapan lahan, pengajuan permohonan, dan pembayaran,pendistribusian, sampai kepada sistem pemasaran, baik melalui tender, promosi, maupun internet.
Selain itu, diberikan pula analisis usaha agar Anda bisa membuat asumsi analisa biaya, pendapatan, dan keuntungan. Sebagai bukti, kami juga mencantumkan kisah-kisah sukses pewaralaba yang bisa Anda ambil contoh sebagai pembelajaran bisnis menuju kesuksesan.
Kesuksesan Anda adalah cerminan dari sejauh mana Anda membaca peluang dan metode yang diterapkan.

Arsip Blog